Selasa, 09 Mei 2023

5 Peralatan Wajib Punya Bagi Yang Hobi Memancing

newbie2hunterfish | Ada begitu banyak hobi atau kesenangan terhadap sesuatu. Bahkan dalam satu keluarga sering kali memiliki hobi yang berbeda. Salah satu hobi yang kembali populer adalah memancing. Bahkan nih di Indonesia sendiri, ada program televisi yang berfokus pada kegiatan memancing.

Manfaat memancing sendiri ternyata sangat baik untuk kesehatan mental maupun fisik dalam jangka panjang lho. Untuk kesehatan mental, memancing dapat menghilangkan stres, sarana merelaksasi pikiran yang penat, dan mengurangi efek trauma seperti akibat pengalaman yang menegangkan dalam hidup.




Sementara itu kalau untuk kesehatan fisik, memancing bisa membuat tubuh lebih sehat dan bugar karena stres berkurang serta kebutuhan vitamin D tercukupi saat terkena sinar matahari. Wah, ternyata banyak juga manfaat memancing buat kita! Lalu supaya kegiatan memancingmu semakin seru dan nyaman, kamu wajib memiliki 5 peralatan ini.
 
1. Alat Pancing
Namanya hobi memancing, tentu saja hal pertama yang wajib kamu miliki adalah alat pancing (fishing rod). Alat pancing mempunyai bentuk mirip tongkat panjang dan fleksibel (mudah digerakkan) yang memang berfungsi untuk menangkap ikan-ikan. Biasanya alat pancing berbentuk stik sederhana berukuran ramping, dan pada bagian akhir terdapat tempat untuk kail dan tali pancing. Bahan alat pancing ada yang terbuat dari kayu, besi stainless, model pulpen, dan lainnya.
 
2. Kail Ikan
Untuk memudahkan menaruh umpan ikan nanti, kamu tentu membutuhkan kail. Bentuk kail yang paling banyak digunakan berbentuk seperti huruf ‘J’. Tapi, sekarang ini lagi musim kail yang modelnya seperti anting-anting (French hook) juga kok. Saat kalian melakukan kegiatan memancing, jangan sampai lupa membawa kail ikan dalam jumlah yang cukup. Karena bisa saja, kail yang kamu gunakan bisa tenggelam. Nggak mau kan lagi asyik-asyik memancing, karena kail habis eh nggak bisa lanjut memancingnya karena sudah tidak ada tempat untuk memasang umpan ikannya.
 
3. Tali Pancing
Selain memiliki alat pancing dan kail, kalian yang hobinya memancing wajib mempunyai tali pancing. Fungsinya untuk menghubungkan alat pancing dan kail. Tanpa adanya tali pancing, hobi memancing kalian nggak akan berjalan. Selalu sediakan beberapa tali pancing untuk cadangan ya. Saat memilih tali pancing kalian perlu cermat nih, bila kalian memancing di medan yang susah, ya cari tali pancing yang tahan lama, kuat dan lebih berat. Namun, jika tempat memancing kalian airnya jernih,  pilih tali pancing yang berwarna bening dan ukurannya tipis untuk mengelabui ikan.
 
4. Umpan Ikan
Semua peralatan memancing ketiga di atas sudah siap, eh ternyata kamu nggak bawa umpan ikan sama saja bohong namanya. Ketika kalian akan memancing, pastikan kalian juga menyiapkan umpan untuk ikan. Sekarang banyak kok jenis-jenis umpan untuk ikan ada yang berbentuk ubur-ubur (jelly fish) berbahan mentega, ikan kecil buatan, cacing-cacing yang terbuat dari plastik, dan lainnya. Umpan ikan berguna untuk menarik ikan mendekati umpan tersebut sebelum kita kait dengan kail.
 
5. Sunscreen
Memang ada hubungannya antara memancing dan memakai sunscreen? Ya, ada lah. Pada saat kalian memancing selama berjam-jam bahkan mungkin seharian penuh, kalian akan terkena sinar matahari. Sinar matahari pagi sih baik untuk kebutuhan vitamin D ya, tapi jika terlalu terik ya bisa memicu penyakit kulit seperti kanker lho. Untuk mencegah hal itu terjadi, jangan lupa pakai sunscreen sebelum memancing sob.
 
Hobi memancing, tapi belum punya kelima peralatan tersebut? Tenang saja, tinggal cek online di Priceza Indonesia. Nggak usah pusing soal harga lagi, karena Priceza Indonesia akan membandingkannya dari berbagai online shop terpercaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memancing Ikan Monster: Tips dan Trik untuk Mencapai Keberhasilan Luar Biasa

newbie2hunterfish | Menangkap ikan monster adalah impian setiap pemancing yang serius. Namun, untuk mencapai keberhasilan luar biasa dalam ...